Selasa, 09 Agustus 2011

Logo Calico (Petshop dan Praktek Dokter Hewan)

Media : Logo
Jenis karya : Fiktif (ide kreatif)
Program : CorelDRAW x4

Sudah kami sebutkan di artikel sebelumnya, Calico adalah salah satu nama Petshop dan tempat praktek dokter hewan di Yogyakarta.
Kami akan menjabarkan arti Logo Calico yang merupakan ide kreatif dari Visual Estetika dan fiktif semata di atas.

Kami pernah berbincang-bincang dengan salah satu dokter hewan di Calico tersebut yang menjelaskan bahwa sebenarnya Calico merupakan jenis kucing yang mempunyai warna cenderung orange atau kuning, hitam dan putih. Dan Calico (Petshop dan praktek dokter hewan) ini mengambil nama Calico sebagai brandnamenya. Kami tidak tahu alasan pastinya tapi itulah sekilas ketika kami berbincang dengan salah satu dokter hewan di Calico.

Kembali ke penjabaran Logo. Warna orange, hitam dan putih yang mendominasi logo tersebut sudah pasti alasan utamanya karena warna kucing Calico itu sendiri.

Pemilihan binatang kucing sebagai pemeran utama dalam logo tersebut karena Calico itu adalah nama salah satu jenis kucing. Kucing sengaja dibuat melengkung seakan-akan membentuk huruf “C” disini agar perpaduan anatara gambar Kucing dan huruf “C” tersebut terlihat serasi dan harmonis. Alasan lain dengan ciri khas binatang Kucing yang selalu ceria dan banyak gerak, maka gaya Kucing dalam logo tersebut mewakili keceriaan, enerjik dan sehat.

Pemilihan huruf (tipografi) yang cenderung simpel disini bukan tanpa alasan. Huruf dibuat simpel karena binatang Kucing yang ada pada logo sudah terlihat ramai dan terlihat penuh sehingga huruf yang simpel untuk keseimbangan. Keseimbangan tersebut juga salah satu alasan kenapa huruf “C” yang lebih besar dari huruf “a l i c“ hanya bergaris pinggir (outline) orange saja sedangkan huruf lainnya berwarna hitam pekat.

Ada gambar Stetoskop sebagai pengganti huruf “O”. Kita tahu kalau stetoskop adalah salah satu alat medis yang selalu berkaitan erat dengan dokter, tak terkecuali dokter hewan. Sehingga gambar stetoskop di logo tersebut menegaskan kalau Calico juga berkaitan erat dengan dokter hewan.


1 komentar:

  1. Ni yg d dket Macro y Om. Kerenan ini lo mah lo sama logo asli na . .nice Om,

    BalasHapus